Senin, 30 November 2015

RPP Bahasa Inggris SD Strategi Mengajar yang Berorientasi pada Soal UTS dan UAS ala Guru Bimbel [Part1]

     Berawal dari ide penulis untuk merancang metode mengajar agar menjadi lebih efektif , tidak membosankan, dan menyenangkan. Sudah beberapakali penulis mengubah metode mengajar, dari pembelajaran yang berfokus melatih kemampuan siswa, dalam menggunakan kamus bahasa Inggris, kemudian mencoba metode lain yang mengintegrasikan Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan mata pelajaran PAI dalam terjemah surat-surat ayat pendek dalam bahasa Inggris, sampai metode menyanyikan lagu-lagu dengan kata-kata sederhana dalam Bahasa Inggris. Namun lagi-lagi kendala yang dihadapi adalah ketika peserta didik tersebut melaksanakan UTS/UAS.

     Sayangnya naskah dan soal-soal UAS/UTS mata pelajaran Bahasa Inggris di tempat penulis berkarya tidak dibuat oleh guru yang mengajar melainkan sudah di siapkan oleh kantor dinas UPTD Pendidikan Kecamatan. Sehingga banyak soal-soal yang diujikan tidak relevan dengan materi yang diajarkan. Jika sudah demikian maka kegiatan evaluasi menjadi tidak valid sehingga harus ada tindakan yaitu merubah soal-soal UTS/UAS agar sesuai dengan pengalaman belajar peserta didik atau pilihan lainnya adalah merubah kembali RPP agar sesuai dengan soal-soal UTS/UAS. Pilihan penulis adalah opsi nomor dua.

     Sepertinya penulis harus belajar pada guru bimbel yang mengajar menggunakan strategi mengajar yang berorientasi pada pemecahan soal-soal UTS/UAS. Jujur saja ini adalah pendekatan mengajar yang membosankan. Namun dengan banyaknya keterbatasan sumber daya, penulis tertarik dan merasa tertantang untuk merancang pembelajaran yang efektif setidaknya untuk dicoba pada beberapa semester kedepan.

Berikut ini adalah Soal-Soal UTS yang melatarbelakangi proyek ini:

Kelas IV:

Soal UTS Kelas IV halaman 1

Soal UTS Kelas IV halaman 2


Kelas V:

Soal UTS Kelas V halaman 1

Soal UTS Kelas V halaman 2

Soal UTS Kelas V halaman 3


Kelas VI

Soal UTS Kelas VI halaman 1

Soal UTS Kelas VI halaman 2

Soal UTS Kelas VI halaman 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar